Fahri Hamzah
Fahri Hamzah Akan Hadir Dalam Deklarasi Garbi Aceh


Kamis, 01 November 2018 - 18:57:40 WIB
Wartariau.com JAKARTA - Wakil Ketua DPR  Fahri Hamzah dijadwalkan akan mendeklarasikan Ormas Gerakan Arah Baru Indonesia (Garbi) cabang Aceh. Deklarasi digelar di salah satu kafe di Banda Aceh, hari ini  (Kamis, 1/11).

Dalam keterangan tertulis yang diterima redaksi disebutkan, selain deklarasi dan ngopi bareng Fahri Hamzah, Ormas Garbi juga akan mengumpulkan donasi bagi korban bencana alam gempa bumi dan tsunami Palu.

Sekadar diketahui, Garbi merupakan Ormas yang muncul di beberapa daerah dan dimulai di Sulawesi Selatan. Sampai saat ini, di beberapa daerah lain seperti Sumatera Selatan, Bali, Bandar Lampung, Bekasi, Nusa Tenggara Timur, dan Riau hingga Aceh, Garbi sudah dibentuk.

Cikal bakal pembentukan Garbi dimulai sejak 2014 silam. Saat itu Anis Matta menyampaikan ide tentang arah baru Indonesia. Sejumlah tokoh yang terlibat dalam gagasan itu adalah Anis Matta, Mahfudz Sidik, Fahri Hamzah, dan almarhum Taufik Ridlo.

Sebagai ormas nasional, Garbi kemudian juga dibentuk di berbagai daerah di Indonesia.

Moharriadi, salah seorang deklarator Garbi Aceh, menyebutkan, secara nasional ide Garbi adalah untuk menguatkan potensi sumber daya Indonesia yang luar biasa untuk bisa bersaing di tingkat dunia.

Potensi itu hingga hari ini belum lagi dioptimalkan secara maksimal. Karenanya, Ormas Garbi diharapkan bisa ikut mewarnai pembangunan dan mewujudkan kesejahteraan Indonesia

“Ide ini sudah disampaikan secara terbuka lewat banyak forum. Potensi besar itu harus dimulai di seluruh Indonesia mulai dari Aceh hingga Papua,” kata Moharriadi.

Dia menegaskan peran serta warga Indonesia khususnya pemuda untuk menyambut tantangan itu harus lebih optimal.

Garbi yang mengusung tagline ‘Islam, Nasionalisme, Demokrasi dan Kesejahteraan’," papar Moharriadi, mengajak pemuda khususnya di Aceh untuk meningkatkan kesadaran dan sungguh-sungguh menghadapi tantangan itu.

“Tantangan itu harus digerakkan secara bersama,” tambahnya.

Kenapa Aceh? Moharriadi mengatakan bahwa dari sisi historis, demografi hingga geografis Aceh sangat strategis.

"Karenanya, upaya untuk mengoptimalkan potensi itu harus diupayakan sungguh-sungguh," demikian Moharriadi. [RMOL]