JK Berpotensi Jadi King Maker
JK Berpotensi Jadi King Maker Pada Pilpres 2024?


Minggu, 28 Juli 2019 - 12:00:28 WIB
Wartariau.com Ternyata bukan hanya Surya Paloh yang memiliki visi politik jangka panjang dengan 'mendukung' Anies Baswedan untuk Pilpres 2024. Menurut pakar politik Prof Siti Zuhro, Jusuf Kalla (JK) juga memiliki potensi besar untuk mencetak pemimpin baru negeri ini.

Hal itu diungkapkan Siti Zuhro dalam acara talkshow 'Polemik Utak-Atik Manuver Elit' di D'consulate resto&lounge, Jakarta Pusat, Sabtu (27/7). Siti menjawab pertanyaan panelis perihal rekomendasi JK terhadap Anies Baswedan.

"Jadi politisi itu nggak ada matinya. Jadi tidak tertutup kemungkinan beliau (JK) jadi king maker. Kalau memang benar beliau tidak ikut nyapres," ujarnya.

JK sendiri memang sudah dua kali menjabat wakil presiden. Yaitu pada pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) periode 2004-2009 dan pada periode pertama Joko Widodo (2014-2019). Sehingga, sesuai konstitusi, tidak ada kesempatan lagi baginya untuk menjadi wakil presiden pada Pilpres berikutnya.

Karier politik JK sebagai politikus senior sekaligus pengusaha terbilang cukup baik. Menurut Siti, JK memiliki talenta dan memainkan peran yang krusial dalam proses pemilihan pemimpin di Indonesia.
 
"Melihat bagaimana Anies bisa muncul, itu kan rekomendasi pak JK. Beliau memiki talenta, juga bisa memetakan konfigurasi politik dengan sangat cepat," jelasnya.

Siti menambahkan, bahwa JK juga memiliki hubungan yang baik dengan Surya Paloh. Sehingga tidak menutup kemungkinan keduanya bisa bekerjasama untuk merekomendasikan Anies pada Pilpres 2024.

Rmol