Pengurus Baznas Bengkalis
Pengurus Baznas Bengkalis Diminta Gali Potensi Zakat

Jumat, 06 Januari 2017 - 21:03:46 WIB


 wartariau.com, BENGKALIS- Sejumlah elemen masyarakat kini berharap penuh kepadapengurus Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Bengkalis, yangbaru saja terpilih. Pernyataan-pernyataan bahwa potensi zakat sangatbesar hendaknya dibuktikan, tidak sekadar ungkapan belaka. 

Harapan tersebut disampaikan tokoh muda Bengkalis, Hamidi SH, Jumat(6/1/2016). Kata mantan pengurus KNPI Bengkalis tersebut, jika potensizakat tergali dengan baik, nilai zakat yang dihasilkan dari zakatprofesi saja (PNS dan lainnya, red), bisa mencapai puluhan miliardalam satu tahun.

"Sayangnya, potensi ini belum tergali dengan baik. Padahal, kitasudah diberikan fasilitas yang dibenarkan oleh syariat kita. Kondisiini tentu berbeda jauh dengan beberapa daerah lain yang suksesmengelola dan menggali potensi zakat," papar Hamidi.

Di negara lain, seperti Malaysia kata Hamidi, potensi zakat sudahbegitu dirasakan manfaatnya oleh para mustahiq. Bahkan di wilayahSelangor, dana zakat yang terkumpul mampu membangun ribuan unit rumahlayak huni.

"Tak usah jauh dengan negera Malaysia, dengan Meranti, Siak danhampir semua Kabupaten/Kota se Riau kita tertingga jauh. Saya yakinsiapapun akan sepakat bahwa potensi zakat ini sangat luar biasa. Kalaudigali dan dikelola dengan baik, banyak program pengentasan kemiskinanyang bisa ditangai oleh dana zakat," ujar Hamidi lagi.

Dana zakat yang terkumpul melalui Badan Amil Zakat (BAZ) KabupatenBengkalis, memang masih kalah jauh jika dibanding dengan daerah lain.Dalam satu tahun, BAZ Bengkalis hanya mampu mengumpulkan dana daripara muzakki hanya ratusan juta saja.Minimnya dana zakat yang terkumpul disebabkan banyak hal. Sampai saatini tidak ada satupun produk hukum yang dihasilkan oleh daerah untukmenjadi pegangan bagi para pengurus BAZ untuk terjun ke lapanganmengumpulkan dana zakat.

"Alhamdulillah, kemarin kita baca di beberapa media, saat pengurusBaznas yang baru audiensi dengan pak Bupati, pak Bupati memberikandukungan penuh, seperti  akan mengeluarkan Perbup dan lainnya. Harapankita tentunya, semua elemen berkomitmen mendukung program ini," harapHamidi lagi.

DPRD Kabupaten Bengkalis sejatinya sudahpernah membentuk Pansus pengajuan Perda Zakat. Saat itu ketua Pansusdipilih, H Bahur Jamil. Pansus sudah melakukan beberapa tahapanpekerjaan termasuk stuband ke Cianjur Jawa Barat.

Dalam perjalanan Ketua Pansus terkena PAW, lalu diganti dengan ketuayang baru Mahdinur. Sayangnya, sampai priode Mahdinur berakhir di DPRDBengkalis, Perda Zakat yang ditunggu-tunggu tidak tuntas sampai kepengesahan.

Terakhir, Ranperda Zakat masuk ke dalam Prolegda tahun 2016 lalu.Lagi-lagi, produk yang dinantikan banyak kalangan ini gagal, tersebabterkena gelombang rasionalisasi. Karena anggaran devisit, pembahasanRanperda yang dimunculkan melalui Banleg DPRD ini kembali gagal. (MC)


Berita Terkait :