Masyarakat Melalui Ekonomi
Mensejahterakan Masyarakat Melalui Ekonomi Syariah

Selasa, 07 November 2017 - 23:25:07 WIB


Wartariau.com PEKANBARU - Halal lifestyle atau gaya hidup halal yang sering dikampanyekan orang saat ini, masih hanya sebatas sesuatu yang dikonsumsi seperti makanan dan minuman. Padahal halal ini mencakup seluruh hal yang bersangkutan dengan kehidupan manusia, agar memiliki gaya hidup yang baik, sehat, aman dan nyaman.

Dari segi ekonomi misalnya, melihat perkembangan saat ini, pada bidang perbankan telah banyak yang memakai sistem ekonomi syariah. Hal ini, membuktikan para pelaku bisnis melihat banyaknya manfaat dan keuntungan yang cukup besar dalam penerapan sistem bisnis berbasis syariah. Demikian disampaikan Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Riau (FEB UR), Dr Sri Indarti SE MSi, saat membuka acara Seminar Nasional Ekonomi Islam yang diselenggarakan  oleh Kajian Studi Ekonomi Islam (KaSEI) FEB UR, Senin (6/11/2017) di Aula Serbaguna Rektorat UR.

“Geliat ekonomi syariah di Indonesia saat ini mengalami peningkatan. Melihat banyaknya jumlah penduduk Islam di Indonesia, maka sudah semestinya kita menerapkan sistem ekonomi syariah. Karena halal style dalam sistem ekonomi syariah ini tidak hanya didengungkan oleh orang muslim tetapi juga sudah mulai diterapkan oleh pebisnis non muslim,” sebut Sri, seperti dalam rilis yang diterima redaksi.

Melalui gaya hidup halal dengan sistem ekonomi syariah ini, lanjut Sri, maka akan dapat membawa perbaikan dan  kesejahteraan bagi masyarakat.  Melalui tajuk inilah, kegiatan Seminar Ekonomi Islam ini menjadi menarik dan memiliki sasaran untuk membuka wawasan tentang seputar halal lifestyle yang diharap panitia penyelenggara mampu benar-benar menjadi lifestyle yang dapat direalisasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Seminar Nasional ini menghadirkan dua orang narasumber, diantaranya Dr Adiwarman Karim Azwar MBA MAEP selaku Karim Business Consulting dan Deri Yustria SE MBA selaku Investor Development Senior Supervisor Sharia Capital Market Unit-IDX. Kegiatan ini juga dihadiri oleh Kepala Biro Akademis dan Keuangan Azhar Kasymi SH, Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan Wahyu Hamidi MSi, dan perwakilan Mahasiswa Ekonomi dari berbagai universitas di Indonesia.

Seminar dengan tema “Halal Lifestyle At The Frontline Of Economic Change” ini merupakan satu dari rangkaian KASEIVENT ke-2 yang diselenggarakan oleh KaSEI FEB UR. Selain mengadakan seminar nasional, KaSEI juga mengadakan Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) dan  lomba desaign poster dengan dengan sub tema “Pariwisata Halal, Keuangan Syariah, serta Fashion & Cosmetic Halal”. (MCr)



Berita Terkait :