Hari Kesehatan Nasional
Memperingati Hari Kesehatan Nasional ke - 53

Minggu, 12 November 2017 - 12:40:43 WIB


Wartariau.com  BENGKALIS - Memperingati Hari Kesehatan Nasional ke - 53 berbagai kegiatan yang di laksanakan di halaman lapangan tugu Bengkalis jalan ahmad yani, dalam upaya menanamkan rasa  kekompakan bersama masyarakat, pagi Ahat (12/11/2017).

Program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) oleh Kementerian Kesehatan atas inisiasi Presiden Republik Indonesia Joko Widodo tahun 2016 lalu, Kini Pemerintah Kabupaten Bengkalis yang menjadikannya sebagai gerakan daerah.

Pelaksanaan Germas dilakukan Bupati bengkalis Amril mukminin yang di wakili Pelaksana Tugas Sekretaris Daerah H Arianto,di lapangan tugu, diikuti ratusan masyarakat dan sejumlah Kepala Perangkat Daerah di lingkungan Pemkab Bengkalis, PLT  Kadis Kesehatan (Supardi S.Sos. MH), Asisten Perekonomian dan Pembangunan (Heru Indra P), PLT Dinas Sosial (Hj. Martini), PLT Bapedda (H. Imam Hakim), PLT Dinas Kependudukan dan KAB (H. Suheri Zen), Wadir RSUD Bengkalis (Hj. Rita Puspa SKM. MP), Kadis pemberdayaan perempuan (Drs. H. Mustafa), Dandim 0303/Bengkalis diwakili (Mayor Irwan), Kadis BLH (H. Arman A.A), SMP khuns (Drs. Isa Selamat M.A), dan Ketua Panitia (Irawadi).

Pelepasan balon oleh Plt Sekda H Arianto menjadi tanda program Germas resmi dicanangkan, disusul dengan mengkonsumsi buah-buahan yang sudah disiapkan Dinas Kesehatan Kabupaten Bengkalis sebagai penggagas acara.

Lanjut Plt Sekda Bengkalis H Arianto mengatakan, pelaksanaan Germas harus dimulai dari keluarga, karena keluarga adalah bagian terkecil dari masyarakat yang membentuk kepribadian. Menurutnya pencanangan Germas sebagai wujud peran serta pemerintah daerah dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat di Negeri Junjungan ini.

“Germas dapat dilakukan dengan cara melakukan aktifitas fisik, mengonsumsi sayur dan buah, tidak merokok, memeriksa kesehatan secara rutin dan membersihkan lingkungan. Kegiatan tersebut dapat dimulai dari diri sendiri dan keluarga, dilakukan saat ini juga, dan tidak membutuhkan biaya yang besar,” tutur H. Arianto

Selain makan buah, perencanaan program Germas ini diisi dengan sejumlah kegiatan lain, seperti Jalan Santai berhadiah, senam kesehatan, senam Zumba, senam kreasi karyawan/ Dinas Kesehatan, pemeriksaan tekanan darah, gula darah dan IVA (Deteksi dini kanker rahim) yang dilakukan secara gratis, Car Free Day. Dll. (fa)


Berita Terkait :