Polri Terapkan Warna Baru Pelat Kendaraan
2019, Polri Terapkan Warna Baru Pelat Kendaraan Pribadi

Senin, 13 November 2017 - 23:46:29 WIB


Wartariau.com - Kepolisian RI akan melakukan kebijakan baru terhadap pemberian warna pelat nomor kendaraan. Mulai 2019,  Mabes Poliri berencana mengubah warna dalam pelat kendaraan pribadi yang sekarang hitam, menggunakan warna yang lebih terang.

Hal ini diungkapkan Kakorlantas Polri, Irjen Royke Lumowa. Menurutnya, rencana perubahan warna pelat nomor kendaraan itu untuk memudahkan perekaman saat ada kejadian, atau agar lebih mudah terlihat di CCTV.

"Masih dalam proses perubahan regulasi karena harus diselesaikan dulu regulasinya kemudian kajian-kajian dan lain-lain yang sudah ada sebagaimananya, tapi regulasi pokok dalam kajian dikatakan bahwa untuk catching di kamera, harus warna terang, seperti putih dan warna terang lainnya kalau hitam ya tidak bisa," kata Kakorlantas Irjen Rokye Lumowa di Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan (13/11).

Menurutnya apabila berjalan sesuai dengan rencana, kemungkinan program dari perubahan warna pelat kendaraan pribadi ini baru akan terealisasi pada tahun 2019 mendatang dengan dilakukan secara bertahap. "Ya itu kan (perubahan warna pelat) kalau lancar 2019 baru terealisasi. Tetapi bertahap ya, tidak serentak semua yang warna hitam dipindahkan menjadi warna putih," ucap Royke.

Royke juga menjelaskan bahwa perubahan warna pelat baru akan diterapkan untuk pembelian kendaraan baru, kemudian disusul dengan kendaraan lama yang masih menggunakan wara pelat hitam. Sebab apabila dilakukan secara serentak, polisi akan kewalahan untuk mengurus pergantian warna pelat tersebut.
"Yang diputihkan adalah pelat kendaraan baru. Misal nih, daftar beli motor atau mobil baru ya pelatnya disesuaikan. Sementara bagi yang sudah terlanjur, nunggu 5 tahun berikutnya pas mau pergantian pelat. Sebab bila semua langsung diganti kan susah juga," ujar Royke.

Lebih lanjut, Royke juga mengatakan bahwa dalam wancana pergantian warna pelat kendaraan pribadi ini, faktor anggaran juga ikut berpengaruh untuk bisa menentukan cepat atau lambatnya aturan ini diterapkan.

"Anggaran juga berpengaruh ya untuk menentukan cepat atau lambatnya karena saya ingin ke depannya di pelat yang baru itu semua sudah lengkap. mulai dari speknya ada sampai data-data kendaraanya juga ada, jadi semua sudah ada di sana," tutup Rokye.


Berita Terkait :