Apresiasi Baksos Operasi Katarak
Bupati Suyatno Apresiasi Baksos Operasi Katarak Lions Club

Minggu, 03 Desember 2017 - 23:50:21 WIB


Wartariau.com BAGANSIAPIAPI - Bupati Rokan Hilir (Rohil), H Suyatno mengapresiasi bakti sosial operasi katarak gratis yang dilaksanakan oleh Lions Club di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr. RM. Pratomo Bagansiapiapi yang telah dimulai sejak 1-3 Desember 2017.

“Kami atas nama pemerintah daerah menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi kepada Lions Club yang telah melaksanakan kegiatan ini,” ujar Suyatno saat membuka operasi katarak gratis, di halaman RSUD Dr RM Pratomo Bagansiapiapi, Sabtu (2/12/2017).

Turut hadir dalam kegiatan itu Kapolres Rohil AKBP Sigit Adiwuryanto, S.Ik, MH, Sekretaris Daerah (Sekda) Rohil Drs. H. Surya Arfan, M.Si, Presiden Lions Club Bagan Batu Bintang Mulia Ir. Siswaja Muljadi, Direktur RSUD Dr RM Pratomo Bagansiapiapi Tribuana Tungga Dewi, Kapolsek Bangko Kompol Agung Triadi, S.Ik, sejumlah Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Rohil, dan masyarakat.

Operasi katarak gratis ini dimotori oleh Lions Club Medan Distrik 307 A2 bekerjasama dengan Lions Club Bagan Batu Bintang Mulia, Lions Club Medan Fortune, Lions Club Rantau Prapat Mitra, Pusat Pelayanan Masyarakat Lion Indonesia (PPMLI) Medan dan Kepolisian Resor (Polres) Rohil.

“Diperkirakan lebih kurang 300 warga yang menjalani operasi katarak ini. Jadi yang menangani operasi adalah Lions Club, ini gratis tidak dipungut biaya sepersenpun,” kata Bupati.

Bupati berpesan kepada pasien yang telah dioperasi agar tetap senantiasa menjaga kesehatan mata selama satu bulan. “Pasca dioperasi hendaknya tidak mengangkat barang-barang berat, tidak terkena asap, debu, air. Jadi itu pesan saya, mudah-mudahan bapak/ibu yang sudah melaksanakan operasi katarak ini dalam keadaan sehat wal’afiat. Untuk yang kemarin dioperasi hari ini sudah bisa pulang, tapi bagi pasien yang hari ini dioperasi besok baru bisa pulang,” tuturnya.

Suyatno juga berharap bakti sosial operasi katarak gratis yang dilakukan Lions Club ini diharapkan dapat dilaksanakan setiap tahunnya.

Kapolres Rohil, AKBP Sigit Adiwuryanto, S.Ik, MH mengatakan bahwa selama penjaringan pasien yang dilakukan Bhabinkamtibmas kurang lebih berjumlah 300 orang.

“Kami menilai operasi katarak ini sangat luar biasa dan apresiasi sekali. Karena dengan adanya bantuan dari Lions Club tentunya membantu warga untuk melakukan operasi secara gratis,” kata Kapolres.

Presiden Lions Club Bagan Batu Bintang Mulia, Ir Siswaja Muljadi menyampaikan bahwa sampai pada Sabtu (2/12/2017) lalu pendaftaran masih berlangsung. Namun, kata pria yang akrab disapa Aseng itu, pihaknya akan tetap mengupayakan membantu warga, terutama yang sudah lansia, kondisinya parah, dan jarak pandangnya sudah sangat dekat.

“Artinya untuk yang baru-baru datang mendaftar bisa kita tunda tahun depan. Tapi yang sudah lama mendaftar pasti kita lakukan operasi. Karena tadi malam pun dari pukul 14.00-00.30 WIB itu sekitar 140 orang kita lakukan operasi,” jelasnya.

Kedepan, kata dia, Lions Club akan terus melakukan koordinasi bersama pemerintah daerah setempat agar kegiatan yang sama bisa terus dilakukan setiap tahunnya.

“Pak Bupati juga sudah mengarahkan agar tahun depan juga dilakukan operasi katarak. Tentunya diharapkan dari pihak Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) dan juga tim kesehatan didaerah itu mereka harusnya sudah mulai mencari dan mendata masyarakat diwilayah itu, terutama yang potensi katarak,” katanya.

Lions Club, tambah dia telah melakukan operasi katarak gratis di Rohil sejak 2014-2017 berjumlah 700 lebih pasien yang dioperasi, dengan rincian tahun 2014 sebanyak 30 pasien, 2015 sebanyak 170 pasien, 2016 sebanyak 202 pasien, dan 2017 diperkirakan mencapai 300 pasien.

“Intinya kita melakukan operasi katarak gratis ini dengan tulus dan ingin membantu masyarakat,” demikian Siswaja Muljadi, yang juga Anggota DPRD Provinsi Riau daerah pemilihan (Dapil) Rohil itu.



Berita Terkait :