Cas Baterai Ponsel
Hindari Cas Baterai Ponsel Tengah Malam

Senin, 04 Desember 2017 - 17:56:12 WIB


Wartariau.com Peringatan mengenai tidak boleh mengisi ulang (cas) baterai ponsel dan ditinggal tidur mungkin sudah banyak. Namun alasan dibalik hal tersebut belum banyak yang menjelaskan.

Laman Time menyebutkan, beberapa kabar melaporkan bahwa meninggalkan ponsel dalam keadaan sedang mengisi baterai pada tengah malam akan menyebabkan baterai bengkak. Tetapi tidak semua ponsel berdampak dengan kondisi demikian.

Baterai ponsel terbuat dari bahan lithium-ion atau li-ion. Material tersebut mampu mengisi ulang baterai lebih cepat dari teknologi sebelumnya. Hal tersebut membuat pemilik ponsel tidak boleh meninggalkan iPhone atau Android dalam kondisi mengisi daya.

Ada hal baik dan buruk yang akan terjadi apabila melakukan hal tersebut. Pertama, kabar baik bagi pemilik ponsel pintar canggih. Ponsel tidak bisa melakukan isi ulang baterai apabila baterainya sudah terisi penuh. Tak perlu khawatir, sebab ponsel akan secara otomatis menghentikan pengisian daya ketika sudah penuh meski masih tersambung dengan listrik.

Narasumber dari Anker, sebuah perusahaan pembuat baterai, Edo Campos menjelaskan bahwa ponsel pintar modern semakin pintar. "Chip yang tertanam di dalamnya akan melindungi ponsel," ujar Campos. Bahkan perangkat pengisi daya berkualitas tinggi juga akan melindungi ponsel.

Namun kabar buruknya, alat pengisi daya akan terus bekerja ke level maksimal pengisian daya meski ponsel sudah mematikannya secara otomatis. Kondisi tersebut akan membuat ponsel terasa panas. Baterai Li-ion memiliki sifat tidak perlu mengisinya hingga 100 persen agar baterai bisa lebih awet. Alasan lain, mengisi baterai hingga dalam jumlah maksimal akan membuat 'stres' baterai. [rol]


Berita Terkait :