Kepulauan Meranti Memastikan Ikut
MTQ Riau di Dumai, Kepulauan Meranti Memastikan Ikut

Rabu, 06 Desember 2017 - 23:45:04 WIB


Wartariau. com SELATPANJANG - Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti bersama Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) terus mematangkan persiapan untuk mengikuti Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Provinsi Riau ke-36 di Kota Dumai, pekan depan.

Kepastian akan keikutsertaan pada tahun ini, setelah gagal tampil pada MTQ Riau tahun lalu, terungkap saat rapat persiapan yang dipimpin Wakil Bupati Kepulauan Meranti, Said Hasyim, di Aula Kantor Bupati Kepulauan Meranti, Selasa 5 Desember 2017.

Pengalaman MTQ Riau di Pekanbaru tahun 2016 lalu, dimana panitia MTQ Provinsi Riau menganulir Qori dan Qoriah asal Kepulauan Meranti karena kelengkapan syarat administrasi peserta, menjadi pelajaran bagi tim official MTQ Kepulauan Meranti.

Seperti dijelaskan Al-Jufri, selaku Panitia rombongan Kabupaten Kepulauan Meranti, untuk menyemarakkan MTQ tingkat Provinsi Riau ke-36 di Kota Dumai, Kabupaten Kepulauan Meranti akan memberangkatkan sebanyak 783 orang.

Jumlah itu, jelasnya, terdiri dari para Qori, Qoriah dan Official, rombongan peserta pakaian adat nusantara, rombongan tarian kreasi, rombongan permainan kearifan lokal menggolek tual sagu, rombongan PKK dan BKMT, unsur Forkopimda serta lainnya.

"Saat defile malam pembukaan MTQ Riau ke-36 di Kota Dumai, rombongan MTQ Kabupaten Kepulauan Meranti juga dilengkapi dengan kendaraan hias bertemakan kearifan lokal, yang terkenal sebagai daerah penghasil sagu," ujarnya.

Kemudian Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu Kepulauan Meranti, Irmansyah mengungkapkan, sesuai tugas yang diberikan pihaknya akan mempersiapkan stand bazar Kabupaten Kepulauan Meranti.

"Kita sedang mempersiapkan bangunan berbentuk mesjid yang cukup unik, yang nantinya akan diisi dengan aneka makanan dan minuman olahan sagu, yang dapat dinikmati gratis oleh pengunjung," ujarnya.

Sementara itu, Ketua LPTQ Kepulauan Meranti, Zulkhairil mengatakan, akan membawa peserta sebanyak 71 orang, guna mengikuti hampir semua cabang yang diperlombakan, seperti Cabang Tilawah, Qira'at, Fahmil Quran, Khattil, Hifzhil Quran, Tafsir dan Syarhil Quran.

Turut hadir pada rapat itu, Wakil Ketua DPRD Meranti Muzamil, Kepala Kantor Kemenag Meranti Miskam Selamat, para Kepala OPD terkait, perwakilan instansi vertikal, serta pengurus lembaga organisasi masyarakat. (MCr)




Berita Terkait :