Presiden Perancis:
Presiden Perancis: Turki Tidak Bisa Gabung Uni Eropa

Sabtu, 06 Januari 2018 - 23:46:53 WIB


Wartariau.com Turki masih belum memiliki peluang bergabung dengan Uni Eropa, organisasi kawasan negara-negara di benua Eropa.

Hal ini ditegaskan Presiden Perancis Emmanuel Macron ketika berbicara dalam jumpa pers bersama Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan di Paris jelang akhir pekan ini.

Dalam kesempatan tersebut, Macron juga mengatakan bahwa ada perbedaan mengenai isu hak asasi manusia sejak pembersihan yang dilakukan Turki menyusul kudeta gagal tahun 2016 lalu.

Macron mengatakan sudah waktunya untuk mengakhiri kemunafikan berpura-pura bahwa ada prospek kemajuan dalam perundingan keanggotaan Turki dengan Uni Eropa.

"Sejauh menyangkut hubungan dengan Uni Eropa, jelas bahwa perkembangan dan pilihan terakhir tidak memungkinkan proses di mana kita bertunangan," kata Macron seperti dimuat BBC.

Pembicaraan mengenai peluang Turki bergabung dengan Uni Eropa dihentikan menyusul tindakan keras Erdogan menghadapi kudeta 2016 tersebut.

Di sisi lain Macron menambahkan, penting bagi Perancis untuk menjalin hubungan dekat dengan Turki. Dia mengatakan mungkin inilah saat untuk mengeksplorasi pilihan yang bisa dijalin dengan Turki tanpa harus menjadi anggota Uni Eropa.

Dalam kesempatan tersebut, Macron dan Erdogan juga saling memuji kerjasama dalam perang melawan kelompok militan ISIS. [RMOL]



Berita Terkait :