Jumlah Utang di Dunia
Jumlah Utang di Dunia Terus Membengkak

Senin, 08 Januari 2018 - 15:39:58 WIB


Wartariau.com JAKARTA - Berdasarkan sebuah analisis Institute of International Finance (IIF), utang dunia tercatat mencapai 233 triliun dolar AS atau setara dengan Rp 3.029.000 triliun pada kuartal ketiga 2017. Angka tersebut lebih besar 16 triliun dolar AS atau setara dengan Rp 208 ribu triliun jika dibandingkan dengan angka yang tercatat pada akhir 2016.

Utang sektor swasta non-keuangan melonjak tinggi di Kanada, Prancis, Hong Kong, Korea Selatan, Swiss dan Turki. Namun, pada saat yang sama, rasio utang terhadap produk domestik bruto, turun berturut-turut pada kuartal ke empat seiring dengan adanya pertumbuhan ekonomi yang dipercepat. Menurut IFF, rasio tersebut sekarang berada dikisaran 318 persen, di mana 3 persen di bawah penetapan tinggi di kuartal ketiga 2016.

"Kombinasi dari faktor yang termasuk dalam sinkronisasi di atas potensi pertumbuhan global, kenaikan inflasi (Cina, Turki), dan upaya untuk mencegah penyumbatan peningkatan utang (Cina, Kanada) telah berkontribusi pada penurunan tersebut," tulis analis IIF seperti yang dilansir di Bloomberg.

Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menghitung populasi global yaitu 7,6 miliar jiwa, yang menunjukkan utang per kapita dunia lebih dari 30.000 dolar AS, atau setara dengan Rp 402 juta.

Analis IFF menulis, tumpukan utang tersebut bisa mengerem bank sentral yang mencoba menaikkan suku bunga, mengingat adanya kekhawatiran mengenai kemampuan membayar utang dari perusahaan dan pemerintah. [ROL]




Berita Terkait :