Silpa APBD Rohul
Silpa APBD Rohul Tahun 2017 Sebesar 88 Milyar

Jumat, 12 Januari 2018 - 18:04:37 WIB


Wartariau.com ROKAN HULU-Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Ir H Damri Harun MM, Jumat (12/1/2018) memimpin rapat realisasi fisik dan keuangan (RFK) APBD Rohul tahun 2017 di Kantor Bupati Rohul. Dalam rapat itu terkuak, bahwa Silpa APBD Rohul mencapai 88 Milyar.

Kendati demikian, dalam melaksanakan pembangunan dan memaksimalkan serapan anggaran daerah tahun 2017 terbilang cukup baik, terlihat dari capaian Realisasi Fisik dan Keuangan (RFK) yang berhasil dicapai seluruh OPD di lingkungan Pemkab Rohul yang rata-rata mencapai 90, 03 persen.

"Total Silpa APBD Rohul tahun 2017 sebesar 88 Milyar, tapi itu baru taksiran. Jumlah Silpa sesungguhnya akan didapat setelah hasil audit BPK Provinsi Riau," terang Sekda Damri Harun.

Ditanya apakah Silpa muncul karena kegiatan yang tidak bisa dilaksanakan masing-masing OPD, ia berujar kalau Silpa sebesar 88 Milyar itu, merupakan sisa anggaran kegiatan dari OPD selama tahun 2017.
 
Diterangkan Sekda, dari Seluruh OPD yang ada di Rohul hanya Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan perlindungan anak yang realisasi Fisik dan Keuangannya dibawah 90 persen.

“Realisasi Fisik Keuangan diatas 90 peren itu secara kegiatan sudah merupakan hasil yang cukup baik, karena hanya sekitar 9.97 persen saja yang tak terealissi, itupun  bukan karena kegiatan itu tidak bisa dilaksankan tapi sisa anggaran kegiatan” ucap sekda.

Ditambahkan Damri, hasil laporan Realisi Fisik dan Keuangan APBD Rohul tahun 2017 yang dilaporkan seluruh OPD di Rohul ini, nantinya akan diserahkan kepada LKPP, KPK dan Mendagri. "Sebagai salah satu implementasi rencana aksi pemberantasan korupsi," ucapnya.

Tampak hadir dalam rapat RFK ini Asisten II Bidang Ekonomi Pembangunan, Ir Ruslan, seluruh kepala OPD serta 16 camat se Rohul.(MCr)




Berita Terkait :