HNSI Inhil
HNSI Inhil Akan Segera Dibentuk, Ini Kata Sekda yang Memegang Mandat

Selasa, 13 Maret 2018 - 21:49:00 WIB


Wartariau.com TEMBILAHAN -  Mengaku telah menerima mandat dari pengurus Provinsi Riau, Sekretaris Daerah Kabupaten Indragiri Hilir menyatakan bahwa Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Kabupaten Inhil akan segera dibentuk.

"Beberapa waktu lalu kami menerima mandat pembentukan HNSI Kabupaten Inhil. Saya sendiri sebagai pemegang surat mandat menjadi ketua tim formatur, Wakil Ketua yakni Kadis Kelautan dan Perikanan Inhil, Drs. Muhtar T, Sekretaris Ir. Marduan, Wakil Sekretaris Mahmudin, dan Bendahara Hasanuddin," ujar Sekdakab Inhil, Said Syarifuddin di Tembilahan, Selasa.

Menurut Said, pembentukan HNSI di Kabupaten Inhil memang sangat diperlukan mengingat tingginya jumlah masyarakat Inhil yang berprofesi sebagai nelayan. HNSI kata Said, nantinya akan menjadi wadah dalam menyuarakan nasib nelayan.

Selain itu, HNSI juga akan menjadi penyambung lidah dalam memberikan informasi terkait program apa saja yang diupayakan pemerintah bagi para nelayan di Inhil. "Informasi dari Dinas Perikanan Inhil, terdapat sekitar 29 ribu nelayan yang ada di Inhil. Inilah yang perlu diperhatikan dan perlu ada wadah seperti HNSI," ucap Said.

Ia berharap, setelah dibentuk, HNSI mampu menjadi jembatan dalam memakmurkan nelayan di Inhil.
"Kami sangat berharap dengan hadirnya HNSI nanti, mampu menjadi jembatan bagi nelayan yang ada di Inhil untuk mensinergiskan program-program pemerintah mulai dari Pusat, Provinsi hingga ke Inhil yang berimbas kepada kemakmuran dan Kesejahteraan para nelayan dan pelaku usahanya," harapnya.

Setelah ini, lanjutnya, ia bersama nama-nama dalam kepengurusan, menunggu pelaksanaan Musyawarah Daerah (Musda) yang akan digelar selama dua hari yakni pada tanggal 21-22 Maret 2018 mendatang.
"Musyawarah daerah akan digelar pada tanggal 21 sampai 22 maret ini. Dihadiri pengurus HNSI dari Provinsi Riau, namun kita juga masih menguupayakan agar ketua Dewan Pimpinan Pusat dan Ketua Koperasi HNSI juga bisa hadir nantinya," tutur Said. (adv)


Berita Terkait :