Rehabilitasi Jalan Ladang Baru
Rehabilitasi Jalan Ladang Baru Dikerjakan Asal Selesai

Minggu, 15 April 2018 - 23:47:34 WIB


Wartariau.com MERANTI - Baru selesai dibangun lebih kurang setelah tahun yang lalu, kini Jalan Ladang Baru, Desa Tanjung Kedabu Kecamatan Rangsang Pesisir Kabupaten Kepulauan Meranti, sudah mulai rusak. Beberapa titik ruas jalan yang dibangun sepanjang 500 meter tersebut, kini terlihat mulai rusak.

"Setidaknya ada lima titik di ruas jalan yang disemenisasi tersebut terlihat pecah-pecah. Kami sebagai warga di sini sangat kecewa dengan kualitas pekerjaan jalan tersebut," ungkap KR, salah seorang warga setempat kepada media ini.

Diketahui, Jalan Ladang Baru, Desa Tanjung Kedabu dikerjakan dengan menggunakan Alokasi Dana Desa (ADD) tahun 2017. Volume jalan tersebut sepanjang 500 meter dengan 2 meter lebar badan jalan dan menelan anggaran Rp. 194.711.900,-

"Jalan ini dibangun terkesan asal jadi, pak. Selain telah terjadi retakan dan pecah disejumlah titik badan jalan, juga jalan ini tidak disiram dengan aspal (minyak ter) di badan jalannya, sehingga semakin mempercepat kerusakan jalan tersebut," kata KR lagi.

KR mengaku tahu persis bagaimana proses pengerjaan jalan Ladang Baru tersebut. Karena memang dirinya memantau terus pengerjaan jalan terebut.  "Karena saat pengerjaan saya menyaksikan langsung, banyak kejangkalan yang dilakukan, seperti tidak pakai besi dan adukan semennya tidak sesuai dalam aturan," katanya.

Pj. Kades Paino selaku pengguna anggaran pada kegiatan ini tidak bisa ditemui, dan ketika dihubungi melalui teleponnya dengan nomor 0822884761xx, hanya terdengar suara "Nomor yang anda tuju untuk sementara tidak bisa dihubungi".

Di tempat terpisah, Kades terpilih Miswan yang melanjutkan pekerjaan tersebut sebelumnya mengakui hanya sebagai pendamping untuk penyelesaian kegiatan tersebut. Dan ketika coba dikonfirmasi ulang tidak lagi bersedia memberi keterangan lebih jelas, beliau hanya menjawab singkat melalui SMS, "Tentunya konsultan yang lebih tau". demikian isi pesan singkat Kades.

Alasan yang hampir serupa juga disampaikan oleh Pendamping Kecamatan, Rudi Hartono yang dihubungi melalui teleponnya. Ia mengatakan, "Nanti saya tanyakan dulu sama pendamping desa, karena dia yang mengawasi kegiatan itu, tentu dia yang lebih tau. Nanti abang saya hubungi lagi". ujar Rudi.

Namun sayangnya, sampai berita ini diterbitkan Rudi ternyata tidak juga menepati kata-katanya untuk memberikan keterangan lebih jelas terkait pembangunan jalan Ladang Baru itu.

Mantan Camat Rangsang Pesisir H.Idris Sudin SPd,MSi selaku pihak yang bertanggung jawab memverifikasi dan rekomendasi pengajuan anggaran dana kegiatan tersebut, juga tidak mau ketinggalan melempar bola panas ini. Ketika dikonfirmasi melalui pesan Whats App mengatakan, "Gitu masalah nye, pendamping desa dululah, PPTK desa, dan bendahara, itu dulu. Pihak kecamatan tinggal sesuai pendamping. Masalah di lapangan itu kades, bukan pihak kecamatan." isi pesan camat. [Zamri]


Berita Terkait :