Dengar Ceramah UAS
Dengar Ceramah UAS, Bukit Gelang Dipadati Umat Muslim

Senin, 14 Mei 2018 - 22:01:52 WIB


Wartariau.com DUMAI - Pemerintah Kota Dumai menggelar acara Tabligh Akbar menyambut bulan Suci Ranadhan 1439 Hijriah, dengan menghadirkan Ustadz Abdul Somad (UAS). Bukit Gelanggang dipadati umat muslim yang dengan antusias mendengarkan ceramah dari Tuan Guru.

Tidak hanya dihadiri umat muslim daerah ini, tabligh akbar yang digelar malam tadi, Ahad malam (13/5), juga dihadiri umat muslim dari berbagai daerah kabupaten tetangga. Mereka sudah hadir sejak pagi di daerah ini. Bahkan, sejak sore harinya lokasi acara tabligh akbar sudah terlihat ramai dihadiri umat muslim.

Tabligh akbar juga ikut dihadiri Wali Kota Dumai Zulkifli As, pejabat di lingkungan Pemerintah Kota Dumai, anggota Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopinda) Kota Dumai, DPRD Kota Dumai,  perwakilan dari organisasi keagamaan dan sosial kemasyarakatan di daerah ini.

Banyak hal yang dibahas Ustadz Abdul Somad dalam ceramah yang selalu diselingi dengan humor itu. Satu diantaranya adalah kesiapan umat Islam yang beriman dalam menyambut bulan Suci Ramadhan.

Menurutnya, ada umat yang dengan hati berlapang dada dan penuh kegembiraan menyambut bulan Suci Ramadhan, serta ada pula orang-orang yang berhati sempit dalam menyambut ramadhan karena baginya sangat tersiksa dengan adanya kewajiban dalam menjalankan ibadah puasa selama satu bulan penuh.

“Orang-orang yang sempit hatinya sangat gelisah menghitung hari. Bahkan, mereka tidak kuat menahan godaan selama berpuasa. Apalagi, ada rumah makan yang tetap berjualan meski tertutup sebagian. Kaki orang-orang yang makan dan minum di rumah makan tersebut kelihatan, tapi kepalanya tidak kelihatan,” ujar dia.

Ustadz Abdul Somad mengajak umat muslim daerah ini untuk melaksanakan berbagai ibadah sebelum masuknya pelaksanaan ibadah puasa. Diantaranya melaksanakan mandi tobat dan dilanjutkan shalat sunnah tobat untuk meminta ampun kepada Allah SWT atas segala dosa yang telah dilaksanakan. Baik dosa yang sengaja dilakukan, maupun yang tak sengaja.

Selanjutnya, dosen Universitas Islam Negeri (UIN) Sulthan Syarif Kasim, Pekanbaru, ini mengajak umat muslim agar meminta maaf kepada sesama manusia, terutama kepada orangtua, handai tolan, kaum kerabat, tetangga, dan orang-orang yang selalu berada di lingkungan kita.

“Dosa kepada sesama manusia tidak bisa hanya dengan minta ampun kepada Sang Pencipta, tapi harus disertai dengan kiikhlasan memohon maaf kepada sesama manusia,” ujar ustadz kondang ini.

Ustadz Abdul Somad berharap agar umat muslim yang beriman berhasil meraih kemenangan selama bulan puasa ramadhan, karena keberhasilan mengisi ramadhan dengan ibadah wajib maupun ibadah sunnah. Sebab, bulan ramadhan adalah bulan yang penuh kemuliaan untuk mencapai derjat ketaqwaan.***


Berita Terkait :