Pjs Bupati Inhil
Pjs Bupati Inhil Ajak Masyarakat Inhil Tingkatkan Kecintaan pada Alquran

Sabtu, 09 Juni 2018 - 20:54:52 WIB


Wartariau.com TEMBILAHAN - Seluruh masyarakat terutama umat Islam di Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) diajak, untuk meningkatkan kecintaan terhadap Al Qur'an dan menjadikannya sebagai pedoman hidup.

Ajakan tersebut disampaikan Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Inhil, Rudyanto dalam sambutannya saat menghadiri puncak peringatan Nuzulul Qur'an tingkat Kabupaten Inhil atau tepatnya pada malam 17 Ramadan 1439 H di Masjid Agung Al Huda, Jalan Jenderal Sudirman Tembilahan, pekan kemarin.

Dikatakan Rudyanto, pelaksanaan kegiatan dalam rangka syiar Islam tersebut, diharapkan tidak hanya sekedar seremonial saja, namun bisa dijadikan momentum yang dapat meningkatkam kesadaran tentang pentingnya Al Qur'an dalam menjalani kehidupan.

"Melalui acara ini, semoga kita termotivasi untuk senantiasa membaca, menghayati, memahami, dan mengamalkan isi kandungan Al Qur'an dalam berbagai aspek kehidupan, baik dalam kehidupan pribadi, maupun kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara," ujarnya.

Selanjutnya, Rudyanto juga mengajak seluruh masyarakat di Negeri Seribu Parit, untuk meningkatkan kecintaan terhadap Al Qur'an dan menjadikannya sebagai pedoman hidup guna memperoleh keselamatan di dunia dan di akhirat.

"Jika kita telah melakukan itu semua, kita akan menjadi umat yang beriman, bertakwa, serta berakhlak mulia, sehingga kita dapat menjadi pribadi yang berkualitas," terangnya.

Lebih lanjut dijelaskan Rudyanto, saat ini Pemkab Inhil terus berupaya memasyarakatkan Al Qur'an di Kabupateb Inhil, salah satunya dengan menggalakkan kegiatan pengajian di berbagai ibadah umat muslim dan majelis taklim.

"Melalui upaya tersebut diharapkan agar tidak hanya menjadikan anak-anak sebagai generasi yang cinta dan gemar membaca Al Qur'an, tetapi juga untuk memakmurkan masjid," tambahnya.

Selain itu, usaha lain Pemkab Inhil dalam membumikan Al Qur'an ialah dengan pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ), yang dimulai dari tingkat desa/kelurahan, kecamatan hingga kabupaten.

Sementara Al Ustadz Muhdhori yang didatangkan dari Jakarta dalam tausyiahnya menyampaikan tentang keistimewaan Bulan Ramadhan, yang salah satunya ialah bulan diturunkannya Al Qur'an.

Kegiatan yang ditaja oleh pengurus Masjid Agung Al Huda Tembilahan bekerjasama dengan pengurus Peringatan Hari Besar Islam (PHBI) Kabupaten Inhil ini, dimaksudkan agar masyarakat mengetahui dan mengingat kembali sejarah turunnya kitab suci umat muslim yang diwahyukan kepada Nabi terakhir, yaitu Nabi Muhammad SAW. [adv


Berita Terkait :