Pemotongan Sapi di RPH
Pemotongan Sapi di RPH Pekanbaru meningkat

Senin, 11 Juni 2018 - 19:20:42 WIB


Wartariau.com PEKANBARU - Kosumsi daging mendekati hari raya Idul Fitri cenderung meningkat. Diperkirakan, pada H-1 Idul Fitri nanti persentase pemotongan daging sapi mencapai 60 persen.

Rata-rata, sejak H-5 Idul Fitri atau lebaran, jumlah pemotongan sapi mencapai 45 ekor, kemudian pada H-4 lebaran mencapai 55 ekor, H-3 lebaran 103 ekor, H-2 lebaran 125 ekor dan H-1 lebaran 165.

Jika dibandingkan hari biasa pemotongan hewan di RPH hanya 30 ekor saja perhari. Artinya ada peningkat pemotongan hingga 60 persen di RPH.

"Peningkatan pemotongan sudah terjadi sejak awal Ramadan lalu sebesar 15 persen, diperkirakan kini peningkatannya sudah mencapai 60 persen hingga h-1 lebaran," kata Sekretaris Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Pekanbaru drh Firdaus, Minggu (11/6/2018).

Mengantipasi peningkatan permintaan daging sapi di Pekanbaru selama Ramadan hingga Idul Fitri, pihaknya telah berkordinasi dengan pengusaha agar menyediakan 6.000 ekor sapi jelang Idul Fitri. Sedangkan pemotongan sapi di RPH menyesuaikan tingkat permintaan.

Asal sapi, kata dia, yang akan didatangkan ke Pekanbaru, berasal dari Lampung dan Sumatera Utara. Sapi terbanyak didatangkan dari Lampung yakni sebanyak 55 persen sedangkan sisanya dari Sumatera Utara yakni 45 persen.

"Untuk itu kita meminta masyarakat Pekanbaru tidak perlu kuatir akan ketersediaan daging sapi. Karena stok aman hingga Idul Fitri," sebutnya.



Berita Terkait :