Festival Lampu colok
Festival Lampu colok resmi dibuka oleh Setda Bengkalis.

Selasa, 12 Juni 2018 - 08:52:37 WIB


Wartariau.com BENGKALIS - Festival lampu colok yang digelar oleh Pemerintah Kabupaten Bengkalis melalui Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bengkalis,yang dipusatkan di Desa Miskom jalan SP. Ayam , Kecamatan Bengkalis berlangsung meriah. Pembukaan festival ditandai dengan penyalaan lampu colok oleh Bupati Amril Mukminin yang diwakili oleh sekda Bengkalis Bustami HY, dan sejumlah tamu undangan di menara yang telah disiapkan senin malam (11/6/18).


Menurut Bustami HY“Tradisi lampu colok di Bengkalis sudah menjadi kearifan lokal, dan budaya lampu colok ini bagian dari identitas Melayu. Karena disana ada nilai-nilai kebersamaan, sosial, tolong-menolong dan lainnya. Harapan kita tentunya budaya yang baik itu tetap kita pertahankan, dengan tidak mengabaikan amalan-amalan Ramadhan.


Tampak hadir Kapolres Bengkalis, Ketua LAMR Zainuddin, Anggota DPRD Irmi Syakip Arsalan, Anggota DPRD Provinsi Riau Abdul Vattah dan sejumlah pejabat Pemkab Bengkalis dengan secara simbolis menyalakan lampu api colok.


Sementara itu, kepala Disparbudpora Anharizal menyampaikan festival lampu colok digelar adalah untuk menggali dan melestarikan seni budaya tradisional yang turun temurun agar jangan sampai punah terhadap moderisasi dan globalisasi.


"Lampu colok punya makna yang sakral. Kita harapkan para pemuda, berkreasi dan bekerja sama melestarikan tradisi lampu colok turun temurun,"ungkapnya (F)


Berita Terkait :