Manfaat Sehat Biji Nangka
Tak Banyak Diketahui, Ini Manfaat Sehat Biji Nangka

Senin, 09 Juli 2018 - 22:52:59 WIB


Wartariau.com Siapa sih yang enggak suka dengan buah nangka? Selain rasanya manis, buah ini juga memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Enggak heran jika banyak orang yang menjadikan buah nangka sebagai buah favorit. Kendati demikian, berapa banyak dari Geng Sehat yang suka mengonsumsi biji dari buah eksotis yang satu ini? Pasti masih belum banyak ya yang mengonsumsinya. Bahkan, tidak sedikit dari kita yang justru menganggap aneh saat mendengar biji nangka bisa dimakan, bukannya malah dibuang.

 

Eits, jangan salah, Gengs. Ternyata biji dari buah nangka juga enggak kalah bermanfaat lho dari daging buahnya! Enggak percaya? Simak uraiannya berikut ini, seperti dilansir dari Boldsky!
Baca juga: 3 Buah untuk Melancarkan Buang Air Besar

 
1. Mencegah gangguan pencernaan

Sama seperti buahnya, biji nangka juga memiliki kandungan serat yang cukup tinggi. Jadi, ini dapat membantu proses pencernaan makanan. Selain itu, serat dalam biji nangka juga bisa membantu Kamu merasa kenyang lebih lama.

 
2. Membantu menjaga kesehatan mata

Biji nangka kaya akan vitamin A. Ini sangat baik untuk menjaga kesehatan mata dan mengurangi risiko terjadinya gangguan pada sistem penglihatan, seperti rabun senja.
 
3. Mencegah anemia

Mengonsumsi satu atau dua buah biji nangka setiap minggu sangat baik bagi orang yang memiliki tingkat hemoglobin yang rendah. Pasalnya, biji nangka memiliki kandungan zat besi yang sangat baik untuk proses pembentukan sel darah merah, sehingga dapat mengurangi risiko terjadinya anemia.


4. Mengurangi stres

Siapa sangka biji nangka juga bisa membantu mengurangi stres yang Kamu alami? Yup, dalam biji nangka terkandung sejumlah protein dan mikronutrien lain, yang dapat membantu menurunkan tekanan mental dan rasa stres yang sedang dialami.
 
5. Mencegah sembelit

Seperti telah disebutkan sebelumnya, biji nangka memiliki kandungan serat yang tinggi, sehingga dapat menjaga kesehatan sistem pencernaan. Kandungan serat dalam biji nangka juga dapat mempercepat proses pencernaan makanan, sehingga usus bisa lebih mudah melakukan proses detoksifikasi dan mencegah sembelit.
 
6. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Biji nangka memiliki efek antimikroba dan kaya akan kandungan seng, sehingga sangat berguna untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
 
7. Mencegah penyakit kanker

Biji nangka memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, sehingga dapat menghindarkan tubuh dari radikal bebas penyebab kanker. Selain itu, biji nangka memiliki sifat antikanker, yang dapat memperlambat degenerasi sel-sel kanker.
 
8. Menjaga kesehatan tulang

Kandungan kalsium dalam biji nangka dapat menjaga tulang agar tetap sehat. Selain itu, biji nangka memiliki kandungan potasium yang dapat menguatkan tulang.

 

 
9. Dapat membantu pembentukan otot

Nah, buat Kamu yang sedang dalam program pembentukan otot, maka biji nangka bisa menjadi salah satu makanan yang dikonsumsi. Biji nangka memiliki kandungan protein berkualitas, yang sangat baik dalam membantu pembentukan otot.

 
 
10. Menurunkan risiko penyakit jantung

Biji nangka sama sekali tidak mengandung kolesterol, sehingga sangat baik dikonsumsi oleh penderita penyakit jantung. Mengonsumsi biji nangka justru dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh. Ini tentunya dapat mencegah berbagai risiko penyakit kardiovaskular, seperti serangan jantung dan stroke.

 

Tuh kan, siapa bilang kalau biji dari buah-buahan selalu berakhir di tempat sampah dan tidak bisa dikonsumsi? Biji buah nangka ini salah satunya. Biji dari buah asal Asia ini justru memiliki segudang manfaat yang baik bagi kesehatan! Jadi, mulai sekarang jangan langsung membuang biji nangka ya, Gengs! (BAG)


Berita Terkait :