Paskibraka Inhil Latihan
Paskibraka Inhil Latihan Kesiapan Fisik dan Mental

Rabu, 08 Agustus 2018 - 21:43:12 WIB


Wartariau.com INHIL – Sebanyak 32 anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) terus menggiatkan latihannya.

Latihan yang dipusatkan di Lapangan Gajah Mada Tembilahan ini, dalam rangka persiapan prosesi pengibaran Bendera Merah Putih pada peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-72 tanggal 17 Agustus 2018 mendatang.

Anggota Paskibraka yang terdiri dari 15 puteri dan 17 putera perwakilan dari sejumlah SMA sederajat di Kabupaten Inhil tersebut, dilatih oleh anggota Polres dan Kodim 0314/Inhil, serta Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait.

Kepala Seksi (Kasi) Pembinaan Generasi Muda pada Dinas Pariwisata, Kepemudaan, Olahraga dan Kebudayaan (Disparporabud) Inhil, Abdullah menyatakan, menjadi anggota Paskibraka merupakan kesempatan yang patut disyukuri dan dibanggakan bersama, karena mengingat banyaknya nilai-nilai positif yang bisa diperoleh dari proses dan pelatihan menjadi anggota Paskibraka, seperti kedisiplinan, bekerja secara teamwork dan berkoordinasi dengan anggota Paskibraka lainnya.

"Gemblengan para Pengajar dan Pembina dari TNI dan Polri merupakan salah satu upaya meningkatkan kesiapan fisik dan mental," ujar Abdullah di Tembilahan, Selasa (7/8/2018).

Sedangkan dalam pelaksanaan detik-detik Proklamasi nanti, lanjut Abdullah, baik itu penaikan maupun penurunan bendera, anggota Paskibra yang dilatih akan menjadi pusat perhatian oleh semua orang.

Oleh karena itu, kepada anggota Paskibraka diharapkan dapat menghindari kesalahan sekecil mungkin. Sebab jika sudah salah, maka arus kesalahan tersebut akan terbawa kepada peserta lain.

"Untuk menghindari kesalahan, adik-adik harus menerapkan disiplin yang tinggi, saat berlatih harus fokus, semangat, displin, kompak dan bisa menjaga kesehatan dengan baik, kemudian ikuti instruksi pada instruktur," tegasnya.

Pelatih Paskibraka Inhil 2018, Serka Zen Aliyanus menjelaskan, memasuki hari ke-8 proses latihan ini, tinggal menentukan siapa saja yang membawa baki, yang termasuk dalam kelompok 8 dan kelompok 17.

"Kesiapan latihan Paskibraka sudah mencapai sekitar 60 persen. Kita harapkan semua bisa berjalan dengan baik, lancar dan sukses hingga pelaksanaan," imbuhnya.(Zul)


Berita Terkait :