4.950 JCH Provinsi Riau
4.950 JCH Provinsi Riau Sudah Berada di Mekkah

Kamis, 09 Agustus 2018 - 22:32:44 WIB


Wartariau.com PEKANBARU - Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kanwil Kemenag Provinsi Riau, Erizon Effendi mengakui kalau untuk saat ini sekitar 4,950 Jamaah Calon Haji (JCH) Provinsi Riau sudah berada di tanah suci, Mekkah Arab Saudi.  Ini merupakan jamaah yang berangkat dari Kloter I hingga Kloter XI.

“Saat ini hanya tinggal satu lagi Kloter JCH kita yang belum berangkat yang saat ini masih di daerah yaitu Kloter terakhir atau Kloter  XIII.  Ini sesuai jadwal akan berangkat pada, Senin tanggal 13 Agustus 2018 yaitu dari Kota Pekanbaru sebanyak 8 orang, Kota Dumai 2 orang, Kuansing 2 orang ditambah 1 orang TPHD, petugas kloter tidak ada,  jumlah seluruhnya 13 orang.  Total jumlah JCH Riau adalah 5.050 orang,” sebutnya via selulernya, Kamis (09/08) saat dikonfirmasi.

Sementara itu saat dikonfirmasi lagi mengenai kegiatan jamaah Provinsi Riau di Mekkah saat ini adalah kegiatan masing-masing dengan melakukan ibadah sebanyak-banyaknya sembari menunggu Armina dan pelaksanaan Wukuf di Padang Arafaf.

“Biasanya kegiatan masing-masing yang dilakukan oleh jamaah disamping melakukan banyak beiibadah di masjid adalah melakukan ziarah kubur baik yang masih berada di Madinah maupun di Mekkah,” sebutnya lagi memberikan gambaran kegiatan yang dilakukan jamaah saat ini.

Diakui juga, untuk Kloter terakhir JCH Provinsi Riau yang berangkat Senin tanggal 13 Agustus 2018 melalui Embarkasi Haji Batam akan langsung ke Mekkah untuk menjalani ibadah haji langsung dan umroh.  “Mereka nantinya tidak lagi melalui Medinah tapi langsung ke Mekkah,” tambahnya lagi.

Sementara itu saat dikonfirmasi lagi mengenai apakah ada JCH Provinsi Riau yang meninggal dunia di Mekkah, Erizon Effendi kembali menjelaskan kalau hingga saat ini belum ada yang meninggal dunia.  Namun demikian diakui memang ada jamaah yang kelelahan dan sakit melakukan berobat dengan Tim Kesehatan yang ada.

“Hingga saat ini informasi yang kita dengar belum ada yang meninggal dunia, mudah-mudahan seluruh jamaah tetap dalam kondisi sehat dan khusuk dalam melakkukan ibadahnya,” sebutnya lagi sembari mengatakan kondisi jamaah ada yang batuk, kecapekan, flu, dan ada juga yang tidak sanggub berjalan dan dibantu dengan menggunakan berkursi roda. (mcr)



Berita Terkait :