Rohul Menunggu Restu Bupati
Pengumuman Formasi CPNS 2018 di Rohul Menunggu Restu Bupati

Minggu, 09 September 2018 - 17:03:57 WIB


Wartariau.comPASIR PANGARAIAN - Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Muhammad ‎Zaki S.STp, pastikan bahwa Pemkab Rohul akan membuka formasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2018.

Diakui Zaki, surat resmi soal formasi CPNS 2018 untuk Kabupaten Rohul sudah diterima dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB), namun formasi belum saatnya diumumkan.

Hingga kini, BKPP Rohul sambung Zaki, belum bisa mengumumkan jumlah formasi disetujui Menpan RB dalam surat resminya. Namun, diakuinya, sebelumnya Pemkab Rohul ajukan 325 formasi untuk tenaga kesehatan, tenaga pendidikan, dan tenaga teknis.

Kemudian, jumlah formasi belum bisa diungkapkan, karena BKPP Rohul‎ harus melaporkan dahulu ke pimpinan daerah.

"Kita sudah menerima  terima (surat resmi Menpan RB) dan segera akan kita laporkan kepada pak Bupati Rokan Hulu Haji Sukiman," jelas Zaki, Jumat  (7/9/2018) kemarin.

Zaki yang pernah menjabat Kabag‎ Tata Pemerintahan Setdakab Rohul dan Camat Kabun ini menerangkan anggaran penerimaan CPNS akan dianggarkan di APBD Perubahan 2018.

Zaki mengatakan untuk informasi CPNS 2018 akan segera diinformasikan BKPP Rohul kepada masyarakat, baik melalui website resmi milik Pemkab Rohul, maupun media massa.

Pendaftaran CPNS sendiri dilakukan melalui online, dan serentak di seluruh Indonesia, melalui website resmi Badan Kepegawaian Nasional atau BKN di sscn.bkn.go.id.

Zaki mengungkapkan Pemkab Rohul awalnya mengajukan 325 formasi CPNS di tahun 2018. Dari jumlah formasi diajukan, 60 persen untuk tenaga pendidik, ‎30 persen tenaga kesehatan, dan sisanya 10 persen merupakan tenaga teknis.

Pengajuan terakhir, BKPP Rohul sudah menjelaskan ke pihak Kemenpan RB, bahwa setiap tahunnya ada sekira 107 PNS Pemkab Rohul yang memasuki masa pensiun. Kabupaten Rohul sendiri tidak buka penerimaan CPNS sejak 2010 silam, atau 7 tahun terakhir.

"Untuk jumlah formasi belum bisa kita sampaikan, sebab kita harus dilaporkan dulu kepada pak Bupati," ujar Zaki.

Ia mengharapkan masyarakat yang ingin mengikuti CPNS segera mempersiapkan segala persyaratan, seperti legalisir transkip nilai, ijazah, SKCK dan persyaratan lain.

Zaki mengimbau masyarakat yang akan mengikuti seleksi CPNS untuk terus belajar, sebab proses tes sudah menggunakan Computer Assisted Test (CAT), ‎sehingga masyarakat harus terbiasa dan mahir menggunakan komputer.

Selain itu, Zaki mengimbau masyarakat untuk berhati-hati maraknya penipuan dan informasi Hoax soal penerimaan CPNS dari situs mengatasnamakan Kementrian.‎

"Apalagi hingga meminta uang. Karena CPNS tidak pernah dipungut biaya, kalau ada yang minta uang sudah jelas itu penipuan," ungkap Kepala BKPP Rohul, M. Zaki.


Berita Terkait :