Netralitas TNI-Polri
Netralitas TNI-Polri Laksanakan Pengamanan Kunci Keberhasilan Pemilu 2019

Kamis, 13 September 2018 - 22:25:00 WIB


Wartariau.com. Netralitas TNI-Polri dalam menghadapi Pemilu 2019 adalah salah satu kunci yang akan menentukan keberhasilan pemilu, khususnya di bidang pengamanan.

TNI-Polri harus mampu menunjukkan komitmen yang kuat dalam membangun dan mewujudkan sinergitas TNI-Polri, agar dalam pelaksanaan tugas pengamanan dapat dicapai kesuksesan. Sehingga keamanan dan keutuhan NKRI dapat terjaga.

"Dengan pengalaman Pilkada serentak 2018, TNI-Polri sudah mempersiapkan diri, apabila ada hal-hal yang tidak diinginkan, itu semua sudah disimulasikan," kata Wakasad Letjen TNI Tatang Sulaiman dalam Rakornas TNI-Polri di PTIK, Kebayoran Baru, Jakarta, Kamis (13/9).

Tatang menyampaikan hak tersebut mewakili Panglima TNI Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto.

Dalam pelaksanaan pentahapan Pemilu 2019, TNI selalu berkoordinasi dengan Polri tentang rencana  pengamanan sesuai dengan pentahapan dimulai dari tahap pendaftaran dan penetapan calon, masa kampanye hingga distribusi logistik.

"(Hingga) masa tenang pemungutan dan penghitungan suara, serta pengamanan objek vital termasuk pengamanan pejabat penyelenggara pemilu sampai dengan pelantikan anggota DPR, DPRD, serta presiden dan wakil presiden," jelasnya.

Saat ini TNI-Polri sudah melakukan latihan-latihan parsial bersama tentang prosedur pengamanan bersama di setiap wilayah dengan melakukan koordinasi antara Polda dan Kodam.

"Diharapkan pada saat pelaksanaan pengamanan sudah terjadi sinkronisasi dan saling kesepahaman sehingga tidak akan terjadi benturan antara sesama aparat di lapangan," ucap Tatang menyampaikan pesan Panglima TNI.



Rmol


Berita Terkait :