Jalan Hangtuah Ujung Belum Juga Ada Kejelasan
Banyak Telan Korban, Jalan Hangtuah Ujung Belum Juga Ada Kejelasan Perbaikan

Jumat, 14 September 2018 - 20:41:30 WIB


Wartariau.com PEKANBARU - Nasib Jalan Hang Tuah Ujung yang amblas sejak beberapa tahun lalu sampai kini belum ada kejelasan. Kondisi jalan yang tidak layak dilalui terkesan dibiarkan.

Kondisi tersebut sudah dikeluhkan warga lantaran sudah banyak korban kecelakaan. Di lokasi jalan yang amblas tersebut hanya diberi rambu seadanya.

"Selaku pemerintah kecamatan kita akan segera merespon kondisi jalan yang longsor, karena tidak terlepas dari kondisi alam yang selalu diguyur hujan. Terlebih jalan yang berada di bibir tebing," kata Pelaksana Tugas Camat Tenayan Raya Hazli Fendryanto, Jumat (14/9/2018).

Pemerintah Kota Pekanbaru kata Hazli, tidak bisa berbuat banyak untuk melakukan perbaikan. Sebab, jalan tersebut bukanlah wewenang Pemko.

"Meski Jalan Hangtuah tersebut merupakan tanggung jawab Pemprov Riau melalui Dinas PUPR selaku leading sektornya, namun Dinas PUPR, BPBD Kota Pekanbaru diharapkan nanti bisa bekerja sama memperbaiki jalan longsor ini," harap Hazli

Ia menyebut, pihaknya sudah berkoordinasi dengan PUPR Provinsi Riau. Namun, sampai kini, solusi untuk perbaikan jalan belum ada.

"Pihak PUPR provinsi sudah menyatakan mereka tidak punya anggaran tahun ini. Tahun depan juga tidak masuk ke dalam anggaran mereka," kata dia.

Lanjutnya, menggunakan APBD Kota Pekanbaru untuk perbaikan jalan nasional itu tidak dibenarkan. Namun, pihaknya akan mencari solusi lain untuk perbaikan jalan tersebut.

"Pihak provinsi mengatakan ada dana tanggap darurat yang ada di BPBD Provinsi Riau. Makanya kita dudukkan untuk koordinasi siapa yang bertanggung jawab," kata dia.

Pemko Pekanbaru sendiri akan mensuport instansi teknis yang akan memperbaiki jalan rusak tersebut. "Kami akan suport kendala di lapangan. Misalnya tanah warga yang terdampak, kami yang akan selesaikan," imbuhnya.



Berita Terkait :