IMF Dan Bank Dunia
IMF Dan Bank Dunia Kepanjangan Tangan Rentenir Internasional

Senin, 08 Oktober 2018 - 23:47:44 WIB


Wartariau.com JAKARTA - Patut disayangkan keputusan pemerintah yang tetap melangsungkan Pertemuan Tahunan Dana Moneter Internasional (IMF)-Bank Dunia atau IMF-World Bank Annual Meeting 2018 di Bali.

Demikian ditegaskan Sekjen Liga Mahasiswa untuk Demokrasi (LMND), Asrul dalam jumpa pers di The PSPT Rooftop, Tebet, Jakarta, Senin (8/10).

Asrul menyebutkan, dua lembaga yang bernaung di bawah Perserikatan Bangsa-Bangsa itu tidak ubahnya perkumpulan rentenir yang menyusahkan negara-negara berkembang.

"Kedua lembaga tersebut terbukti hanya kepanjangan tangan rentenir internasional yang berkontribusi pada kehancuran banyak negara, termasuk Indonesia," ujar Asrul.

Menurutnya, IMF-Bank Dunia hanya digerakkan oleh negara-negara maju untuk mencari sumberdaya yang ada di negara berkembang.

Sehingga, fungsi dibentuknya IMF-Bank Dunia untuk mensejahterahkan negara berkembang telah gagal terlaksana dan sudah sewajarnya Indonesia menolak dua lembaga tersebut.

"Negara berkembang hanya dijadikan tempat ekplorasi sumberdaya alam dan kemudian hanya menjadi pasar komoditas dari negara maju," tukas Asrul. [RMOL]



Berita Terkait :