Harga Cabai di Pekanbaru Naik
Pasokan Berkurang, Harga Cabai di Pekanbaru Naik

Kamis, 08 November 2018 - 23:26:07 WIB


Wartariau.com PEKANBARU - Meski tidak signifikan, harga cabai di Kota Pekanbaru mengalami kenaikan. Penyebabnya, pasokan kebutuhan pokok itu berkurang dari daerah central.

Seperti harga cabai hijau, sebelumnya cabai jenis ini dijual Rp 28 ribu/kilogram. Kini dijual Rp30 ribu/kilogram. Artinya, ada kenaikan Rp 2.000.

Sedangkan cabai merah asal Bukittinggi, biasanya dijual Rp 44 ribu/kilogram menjadi Rp 45 ribu/kilogram.

"Kenaikan harga sejumlah kebutuhan pokok di Pekanbaru disebabkan karena berkurangnya pasokan dari daerah asal," kata Kepala Bidang Distribusi dan Cadangan Pangan, Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kota Pekanbaru Edwar Yunus, Kamis (8/11/2018).

Berkurangnya pasokan disinyalir lantaran dipengaruhi oleh musim. Jenis tanaman tersebut tidak terlalu bisa berkembang jika terlalu banyak air.

"Untuk bawang dan cabai selama ini masih banyak didatangkan dari Sumatera Utara dan Sumatera Barat. Disana saat ini masih musim hujan, jadi pasokannya sedikit berkurang sehingga harga mengalami kenaikan," jelasnya.

Kenaikan harga diprediksi masih akan terjadi hingga akhir tahun nanti. Sebab musim hujan diprediksi masih akan terus terjadi hingga akhir tahun dan awal tahun mendatang.

"Sampai akhir tahun masih akan terjadi kenaikan, karena kondisi cuaca kan diprediksi masih musim penghujan," imbuhnya.


Berita Terkait :