TNI Evakuasi Pekerja Trans Papua
Strategi TNI Evakuasi Pekerja Trans Papua Hingga Bulan Bisa Dihuni

Kamis, 06 Desember 2018 - 06:42:38 WIB


Wartariau.cim – Pembantaian puluhan pekerja Trans Papua yang terjadi pada Minggu, 2 Desember 2018 lalu,  masih menjadi topik berita yang menarik perhatian pembaca VIVA.co.id sepanjang Rabu, 5 Desember 2018.

Dan kali ini, pembahasan yang menjadi perhatian, dikerahkannya ratusan personel TNI dan Polri ke Kabupaten Nduga, Distrik Yigi, untuk mengejar para pelaku pembantaian puluhan pekerja Trans Papua.

Tak hanya itu, masih kabar dari Papua. Organisasi Papua Merdeka atau OPM juga menjadi sorotan karena menolak istilah buatan pemerintah Indonesia atau TNI yang menyebut mereka sebagai 'kelompok kriminal bersenjata' atau 'kelompok kriminal separatis bersenjata'.

Selain tentang kabar pembantaian tersebut, kabar berikutnya yang menjadi sorotan pembaca adalah mengenai politikus Partai NasDem yang juga bagian TKN Jokowi-Ma'ruf, Irma Chaniago meminta agar pengamat politik Effendi Ghazali tidak tendensius menuding media soal peliputan dan pemberitaan di reuni aksi 212.

Tiga kabar tersebut menjadi kabar terpopuler. Namun, selain tiga kabar tersebut, masih ada lagi dua kabar menarik lainnya yang menjadi perhatian pembaca. Kabar tersebut adalah soal diet Robby Purba yang berhasil menurunkan berat badan dalam waktu singkat. Juga, ada kabar tentang temuan baru, bulan bisa dihuni manusia.

Berikut, deretan kabar menarik dan penting sepanjang 5 Desember 2018 yang banyak diklik pembaca. Semua kami rangkum dalam Round Up:

1. Strategi TNI Evakuasi Pekerja Trans Papua dari Lokasi Penembakan

Pangdam XVII Cendrawasih Mayjen Pandit Sembiring mengungkapkan, ada tiga tahapan operasi yang dilakukan untuk mengejar para pelaku pembantaian puluhan pekerja Trans Papua. Selengkapnya baca di sini.

Persiapan proses evakuasi pekerja Trans Papua pasca penembakan oleh KKB

2. Soal Tudingan ke Media, Effendi Ghazali Diminta Tak Tendesius

Mengenai aksi reuni 212 ternyata mengundang perhatian dari para politikus. Bahkan reuni ini, membuat Politikus Partai NasDem yang juta bagian TKN Jokowi-Ma'ruf, Irma Chaniago meminta agar pengamat politik Effendi Ghazali tidak tendensius menuding media soal peliputan dan pemberitaan di reuni aksi 212. Dia juga menolak anggapan Effendi yang menilai ada pihak tertentu yang disebutnya grogi dengan adanya acara reuni akbar ini. Selengkapnya baca di tautan ini.

Direktur Eksekutif LRI Johan O Silalahi & Effendi Ghazali

3. OPM: Kami Tak Butuh Jalan Trans-Papua, namun Kemerdekaan

Dalam siaran persnya tentang penembakan 31 pekerja proyek jalan trans-Papua, OPM berdalih, hal yang mereka lakukan bukanlah tindakan kriminal, melainkan bagian perjuangan pembebasan Papua dari Indonesia. Mereka bahkan menyebut Indonesia sebagai negara kolonial. Selengkapnya lihat di tautan ini.

Pasukan TPNPB OPM.

4. Turun 15 Kg Dalam 3 Bulan, Ini Rahasia Diet Robby Purba

Tak hanya mengenai topik berita politik dan juga nasional yang menarik perhatian pembaca. Program diet yang dijalani artis Robby Purba ternyata juga menarik perhatian pembaca. Robby berhasil menurunkan berat badan 15 kg hanya dalam waktu tiga bulan. Apa rahasianya? Selengkapnya baca di tautan ini.

Robby Purba

5. Peneliti Ungkap Temuan Baru, Bulan Bisa Dihuni Manusia

ADVERTISEMENT

Selain empat topik di atas yang jadi sorotan, dari kanal sains dan teknologi juga membahas isu yang menarik. Yakni tentang Para peneliti dari Universias London, Inggris dan Universitas Negeri Washington, Amerika Serikat, yang menemukan bukti bahwa Bulan bisa jadi alternatif tempat layak huni bagi manusia. Selengkapnya baca di tautan ini.

Fenomena Gerhana Bulan Super Blue Blood Moon
Viva


Berita Terkait :