Ilustrasi pernikahan.
Ilustrasi rusaknya pernikahan.

Kamis, 10 Januari 2019 - 11:09:53 WIB


Wartariau.com – Tinggal dan hidup bersama selama bertahun-tahun dengan pasangan tidaklah mudah. Dalam sebuah hubungan pernikahan, terkadang cinta tidak lagi diandalkan. Padahal, rumah tangga tanpa cinta apalah artinya.

Terkadang pasangan suami istri (pasutri) yang telah lama menikah sulit membedakan antara pernikahan tanpa seks, dengan pernikahan tanpa cinta. Padahal kedua hal itu sama sekali berbeda.

Psikolog klinis Ramani Durvusula, PhD menyebut bahwa pernikahan tanpa seks adalah pilihan yang wajar, dan mereka masih bisa bersama. Sementara itu Terapis Seks Ian Kerner, PhD menganggap pernikahan tanpa cinta, artinya tak ada alasan untuk bersama. Mudahnya, berarti pasangan tidak lagi peduli satu sama lain.

Lalu bagaimana mengetahui tidak ada lagi cinta dalam sebuah pernikahan? Jika Anda merasa terus menerus tidak bahagia, bisa jadi hal itu tandanya. Dilansir laman Womans Day, berikut beberapa ciri yang bisa Anda curigai ketika Anda berada dalam hubungan pernikahan tanpa cinta.

Ada jarak

Keberadaan anak, pekerjaan dan semua yang ada dalam kehidupan terkadang tanpa disadari telah membuat hubungan jauh di belakang semua urusan itu. "Mudah melewatkan malam dengan perasaan tidak dicintai," kata Durvasula.

Urusan lain jadi lebih penting

Pekerjaan, masalah ekonomi, hingga masalah keluarga selalu punya cara unik untuk bisa hadir dalam romansa hubungan. Tapi, jika tanpa sadar Anda lebih peduli pada promosi jabatan, pekerjaan, hingga karier tentu saja itu harus diwaspadai.

Tak ada komunikasi

Apakah Anda dan pasangan banyak bertengkar, atau bahkan malah tidak banyak bicara? Jika Anda justru memilih menjauh dibandingkan menyelesaikan masalah dan bahkan melupakannya, itu artinya Anda sudah tidak saling mencintai.

Yang mengejutkan, dalam hubungan rumah tangga, jika pasangan tidak bertengkar dan berargumen justru menjadi hal yang mengkhawatirkan karena bisa jadi Anda dan pasangan sudah tidak saling peduli.

Hubungan seksual terasa tak nikmat

Apa rasanya melakukan hubungan seksual tanpa cinta? Dalam kasus ini bercinta hanya menjadi pelepasan kebutuhan fisik.

Tidak peduli

Tidak peduli bisa jadi kunci utama apakah pasangan Anda masih mencintai Anda? Jika hal kecil bisa membuatnya marah besar di masa lalu, namun kini tidak lagi, itu tandanya ada perasaan yang berubah.

Pasangan tidak membalas usaha

Ini hanya bumbu dari hubungan pernikahan tanpa cinta, jika satu pasangan berusaha tapi tidak mendapat respons dari pasangannya. Durvasula mengatakan jika pasangan memiliki kepribadian narsis, mereka sangat mungkin merasa tidak merasa bersalah sama sekali karena tidak mencoba lebih baik.
Viva


Berita Terkait :