Netanyahu Kembali Terpilih Sebagai PM
Kelima Kalinya, Netanyahu Kembali Terpilih Sebagai PM Israel

Kamis, 11 April 2019 - 21:32:33 WIB


Perdana Menteri Israel, Benyamin Netanyahu dan istrinya Sara. FOTO: ReutersPerdana Menteri Israel, Benyamin Netanyahu dan istrinya Sara. FOTO: Reuters

Wartariau.com TEL AVIV – Perdana Menteri Israel Benyamin Netanyahu pada Rabu kembali terpilih dalam pemilihan umum setelah lawan utamanya, Pemimpin Oposisi Benny Gantz mengakui kekalahan. Dengan kemenangan itu Netanyahu akan mencatat sejarah sebagai orang pertama yang lima kali menjabat sebagai Perdana Menteri Israel.

Dengan hampir seluruh suara telah dihitung,Partai Likud yang dipimpin Netanyahu tampaknya telah berhasil mengamankan kontrol 65 dari 120 kursi di Parlemen Israel, Knesset, dan akan menjadi koalisi utama pada pemerintahan mendatang. Sementara lawannya, partai Aliansi Biru Putih pimpinan Gantz akan menjadi oposisi dengan 35 kursi di parlemen.

“Kami tidak menang dalam putaran ini. Kami akan membuat hidup Likud menjadi neraka di pihak oposisi," kata Yair Lapid, orang nomor dua dalam Aliansi Biru dan Putih dalam sebuah pernyataan yang disiarkan di televisi sebagaimana dilansir Reuters, Kamis (11/4/2019).

Gantz dan Netanyahu sempat sama-sama mengumumkan kemenangan mereka pada Selasa, tetapi kursi mayoritas ternyata didapat oleh partai-partai beraliran kanan yang hampir semuanya mendukung Netanyahu..

Kemenangan Netanyahu itu diperoleh di saat dia tengah diselidiki terkait beberapa kasus korupsi, dan banyak warga Israel dilaporkan jenuh dengan pemerintahan pria berusia 69 tahun itu.

Jika tidak ada tuntutan kriminal yang dapat membuatnya tersingkir secara paksa, maka pada Juli Netanyahu akan menjadi perdana menteri Israel dengan masa jabatan terlama, mengalahkan bapak pendiri Israel, David Ben Gurion. (*)



Berita Terkait :