Personil Kostrad di terjun kan Ke Riau
Personil Kostrad di terjun kan Ke Riau Kusus Tangkap Pembakar Lahan

Selasa, 10 September 2019 - 21:19:56 WIB


Wartariau.com -Satuan tempur elit TNI dari kesatuan Kostrad dikerahkan ke Provinsi Riau untuk membantu menangani masalah Kebakaran Lahan dan Hutan (Karhutla) yang tak kunjung berkesudahan.

Komandan Korem 031 Wirabima Provinsi Riau Brigjen TNI M Fadjar, Selasa 10 September 2019 mengungkapkan, izin itu diberikan oleh pemerintah RI, setelah Panglima TNI melapor kepada presiden, Joko Widodo (Jokowi).

"Mendapat izin mengerahkan Satuan Tempur ke Riau, bawah kendali Korem 031 Wirabima, ada pasukan dari Batalyon Kostrad yang mendapat mandat," ungkapanya saat rapat di posko Karhutla, Pangkalan Udara (Lanud) TNI AU Roesmin Nurjadin Pekanbaru

"Mandat yang diberikan, boleh menangkap pelaku pembakar dan mereka (prajurit) bersenjata. Khususnya sekarang wilayahnya yang akan dioperasionalkan di Taman Nasional Teso Nilo (TNTN) Pelalawan," lanjut M Fadjar.

Dirinya melanjutkan, mandat tersebut diberikan pemerintah RI, di mana TNI dan Polri diberikan kewenangan melakukan tindakan apapun guna mencegah terjadinya Karhutl

"Saya harap ada informasi yang bisa masuk kepada pasukan saya di lapangan, yang sifatnya segera dapat kita tangani. Kita dilengkapi helikopter angkut. Bisa ditempuh cepat dan langsung ke lokasi dan bisa menangkap pelaku," pertegasnya.

Sementara ini, kata Danrem, pihaknya telah berhasil menangkap 19 orang pelaku yang diduga melakukan pembakaran lahan dan hutan di Riau. "Dan prosesnya kami serahkan khususnya pada Polres-polres," tutupnya.



Berita Terkait :