">
 

Advetorial Pekanbaru
WALIKOTA PEKANBARU MENYERAHKAN ALAT PERTANIAN KE PETANI MUDA RIAU

Kamis, 07 November 2019 - 10:32:10 WIB


Wartariau.com - Pekanbaru. Pemerintah Kota Pekanbaru dalam visi Pekanbaru 2025 yakni  " Terwujudnya Kota Pekanbaru sebagai pusat perdagangan dan jasa,  pendidikan serta pusat kebudayaan Melayu  menuju masyarakat sejahtera yang berlandaskan iman dan taqwa,   yang kemudian diselaraskan dengan visi  antara walikota dan wakil walikota yakni terwujudnya pekanbaru smart city madani. 
Walikota Pekanbaru, Dr. H. Firdaus, ST, MT berharap Petani Muda Riau (PEMURI) bisa mengembangkan sektor pertanian. Ia juga berharap bisa mengendalikan pasokan pangan lokal.
"Kita terimakasih dan apresiasi kepada Petani Muda Riau serta PT Sarana Pangan Madani yang bergerak di bidang pengendalian pangan untuk masyarakat Pekanbaru," kata Wali kota, Selasa (5/11/2019) saat pemberian bantuan alat pertanian kepada Petani Muda Riau.

Firdaus juga mengatakan "bahwa ada rencana mewujudkan laboratorium alam. Kegiatan ini untuk mendukung peningkatan hasil pertanian. nantinya laboratorium untuk membangun wirausahawan di bidang pertanian. Kita tidak mencetak petani, tapi  mencetak pengusaha muda di bidang pertanian," paparnya.
Selanjutnya beliau mengatakan" inovasi program pemberdayaan guna peningkatan kualitas sumber daya manusia, penguatan ekonomi kerakyatan dan penguatan kelembagaan masyarakat untuk itu pemerintah Kota Pekanbaru meletakkan 6 (enam) pilar pembangunan smart city di Pekanbaru yakni:
1.SMART GOVERNMENT (pemerintahan yang cerdas). Pemerintahan yang cerdas adalah pemerintah yang mempunyai visi,  mampu dan mau bekerja keras,  disiplin,  kreatif,  inovatif,  dan memiliki semangat entrepreneurship,  mempunyai komitmen untuk menyelenggarakan pemerintahan yang bersih (clean government). Tata kelola pemerintahan yang baik (good governance), dapat memberikan pelayanan yang lebih dekat,  lebih cepat,  lebih baik kepada masyarakat. 
2.SMART PEOPLE (Masyarakat yang cerdas). Masyarakat yang cerdas adalah masyarakat madani yang mampu melihat peluang, mempunyai semangat entrepreneurship, mampu merebut dan menciptakan lapangan pekerjaan. 
3. SMART ECONOMY (Ekonomi yang cerdas) 
4. SMART ENVIRONMENT (Lingkungan yang cerdas) 
5. SMART MOBILITY (lalu lintas yang cerdas) 
6. SMART LIVING (Pemukiman / Kehidupan yang cerdas) 

Dalam sambutan GM Corporate Affairs Asset PT CPI Sukamto Thamrin berharap bantuan ini dapat mendorong pengembangan pertanian terpadu yang dijalankan oleh PEMURIdan terus berkelanjutan sehingga dapat menciptakan manfaat berganda bagi masyarakat di sekitar lokasi program,” 
Melihat potensi dan semangat para anggota PEMURIi, sejak tahun lalu SKK Migas dan PT. Chevron Pacific Indonesia (PT CPI) memberikan dukungan kepada organisasi tersebut melalui Program Pengembangan Masyarakat (PPM), khususnya di bidang pemberdayaan ekonomi.

Sukamtio Thamrin menambahkan "tahun ini, SKK Migas – PT CPI memberikan dukungan berupa bantuan mesin pencacah rumput dan mesin pencacah daun untuk membuat pupuk kompos, serta mengadakan pelatihan pembuatan pakan ternak dan kompos bagi anggota PEMURIi dan masyarakat".

Ketua  PEMURI,  Ade Putra Daulay, SP menyebut bahwa pihaknya mendapat bantuan berupa dua mesin. Mesin tersebut yaitu mesin cover untuk pencacah pakan ternak dan mesin pencacah kompos.
"Jadi bagi peternak yang mau memakainya bisa dipakai bersama di sekretariat PEMURI,"  jelasnya.
Bantuan yang diberikan itu akan dimanfaatkan dengan baik. "Kami para petani berharap kepada pemerintah kota untuk kepastian harga hasil pertanian," ujarnya.
Pemko juga sudah mempersiapkan instrumen untuk pengembangan hasil pertanian. Serta pengendalian pangan dengan membentuk badan usaha milik daerah yang khusus bergerak di bidang pangan.
"Ini nantinya yang akan membeli hasil pertanian Petani Kota Pekanbaru," jelasnya.

Dari informasi yang diperoleh, bahwa PEMURI merupakan organisasi pemuda-pemudi Riau yang terbentuk pada Desember 2017. Dan untuk tahun ini telah meraih juara ketiga tingkat nasional dalam anugerah kepemudaan 2019 dengan kategori Penggerak Wirausaha Muda Berprestasi,  yang diselenggarakan oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga. Penghargaan 

Walikota Firdaus Serahkan Bantuan Mesin Pertanian ke Pemuri.

Untuk kegiatan Pemuri,telah ada lahan empat hektar di lokasi. Lahan ini tempat petani Pemuri melakukan kegiatan usaha mereka sesuai kebutuhan dan kemampuan untuk membuat sebuah karya yang akan mereka berdayakan.
Di sesi terakhir sambutannya, Walikota Pekanbaru menyampaikan agar para peserta pelatihan dapat menyerap ilmu yang diterangkan serta memanfaatkan alat pertanian dengan baik.



"Pada kesempatan ini saya mengingatkan kepada para petani agar bisa mengikuti pelatihan ini, serta memanfaatkan alat mesin yang diserahkan dengan baik," tutup Firdaus dalam sambutannya. (PS. Adv-Hum)***




Berita Terkait :