Wartariau.com – Di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show pada Juli 2019 lalu, PT Toyota Astra Motor (TAM) ">
 

Kaesang Beli Mobil Sport Seharga Rp2 Miliar?
Putra Presiden Jokowi, Kaesang Beli Mobil Sport Seharga Rp2 Miliar?

Kamis, 21 November 2019 - 20:39:57 WIB


 Wartariau.com – Di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show pada Juli 2019 lalu, PT Toyota Astra Motor (TAM) sebagai agen pemegang merek Toyota resmi meluncurkan mobil sport terbarunya, yakni Toyota Supra GR.

Supra GR generasi kelima tersebut menjadi produk pertama yang diproduksi massal menggandeng rumah modifikasi balap Toyota Gazoo Racing. Ubahannya pun siginifikan, mulai dari eksterior, interior, kaki-kaki hingga mesin.

Penasaran dengan Supra GR, putra Presiden Jokowi, yakni Kaesang Pangarep pun datang langsung ke Toyota Driving Experience, Jakarta Utara pada Agustus lalu. Kaesang mencoba langsung mobil sport tersebut yang ditemani Gibran Rakabuming Raka.

Gibran dan Kaesang Test Drive Toyota Supra GR

Lantas setelah mencoba, apakah Kaesang jadi memboyong mobil sport seharga Rp1,999 miliar tersebut? 

Marketing Direktur PT TAM, Anton Jimmi Suwandy mengatakan, Kaesang cukup antusias dengan Toyota Supra GR, dan sudah mencobanya langsung. Tapi sampai saat ini belum ada kabar bahwa putra Jokowi itu jadi meminangnya.

“Kaesang belum ada kabar lagi, dia memang katanya tertarik. Sempat melihat Supra di pameran GIIAS lalu, tapi so far belum ada pemesanan,” ujarnya di Sirkuit Sentul, Jawa Barat.

Lebih lanjut Anton menjelaskan, jumlah pemesanan yang sudah dikantongi Toyota ada 12 konsumen, dan mereka menyatakan keseriusannya. Namun mereka harus inden karena ada beberapa unitnya yang belum masuk ke Indonesia.

Toyota Supra GR

“Ada empat unit untuk tahap pertama, sisanya delapan unit dalam perjalanan ke sini. Rencananya bulan ini (November) atau mungkin bulan depan (Desember) bisa sampai (Indonesia),” tuturnya.

Mobil sport tersebut dibawa utuh dari Negeri Sakura oleh PT TAM. Hanya ditawarkan satu varian dengan mesin 2.998cc enam silinder, twin turbo. Tenaga maksimalnya mencapai 340 daya kuda dan torsi 500 Newton meter.

Tenaga buasnya itu disalurkan melalui transmisi otomatis delapan percepatan ke roda belakang. Dan Supra GR menggunakan platform yang sama dengan BMW Z4, bahan sasisnya terbuat dari alumunium baja. 

Dengan begitu, nilai rigidnya diklaim lebih baik ketimbang super car Lexus LFA yang menggunakan bahan karbon fiber. Suspensi double joint spring di depan dan multi link belakang, ukuran velg depan 19 inci dibalut ban 255/35 dan belakang  19 icni ukuran ban 275/35. 

Soal fitur keamanan tentu sangat lengkap, mobil sport yang menggunakan platform BMW Z4 itu telah dilengkapi pre collision safety system, blind sport monitor, dynamic radar cruiser control, dan lane departure alert. Pengereman pun didukung anti-lock brake system.



Berita Terkait :