Wartariau.com Di kawasan Asia Tanggara, Filipina adalah salah satu negara yang cukup parah terdampak virus corona. ">

Ambil Alih Aset Swasta Untuk Tangani Virus Corona, Oposisi Khawatir Duterte Buka Celah Korupsi
Ambil Alih Aset Swasta Untuk Tangani Virus Corona, Oposisi Khawatir Duterte Buka Celah Korupsi

Rabu, 25 Maret 2020 - 07:28:49 WIB


 Wartariau.com Di kawasan Asia Tanggara, Filipina adalah salah satu negara yang cukup parah terdampak virus corona. Sampai saat ini terdapat 462 kasus positif dan 33 korban meninggal.
Meningkatkan kasus virus corona itu mendorong Presiden Rodrigo Duterte mengambil beberapa tindakan tegas, termasuk mengambil alih operasional aset swasta.

“Kami sebenarnya segan untuk melakukannya, tetapi melihat situasi dunia sekarang, kami tidak punya banyak pili­han,” ujar Sekretaris Eksekutif Presiden Filipina Rodrigo Duterte, Salvador Medialdea, di Manila, Senin (23/3).

Kongres Filipina itu sempat berselisih pendapat dalam rapat darurat guna mempertimbangkan permintaan pemerintah untuk mengumumkan darurat nasional terkait krisis Covid-19. Pihak oposisi khawatir kewenangan lebih Presiden Rodrigo Duterte dalam status darurat disalahgunakan.

Pada awal penanganan kasus, Filipina memberlakukan social distancing dan jam malam. Sayangnya, cara itu tidak efektif karena warga masih saja membentuk keramaian sehingga pemerintah merasa harus melakukan upaya lockdown.  

F‎ilipina menjadi negara pertama yang mengambil tindakan lockdown di negaranya.

Upaya Salvador Medialdea mengambil alih operasional aset swasta mendapat sorotan dari pihak oposisi. Pihak oposisi khawatir pengambilalihan operasi aset swasta itu akan menjadi celah korupsi baru apabila tidak dibatasi cakupannya. 


Berita Terkait :