Riauterdepan.com – Kejadian yang terjadi di Negara Kosovo ini dapat menjadi pelajaran berharga tentunya. Pemerintahan di Kosovo di ambang kehancuran gara-g">

Mampu Tumbangkan Pemerintahan Sebuah Negara
Ngerinya Virus Corona, Mampu Tumbangkan Pemerintahan Sebuah Negara

Kamis, 26 Maret 2020 - 19:16:18 WIB


Wartariau.com – Kejadian yang terjadi di Negara Kosovo ini dapat menjadi pelajaran berharga tentunya. Pemerintahan di Kosovo di ambang kehancuran gara-gara mewabahnya Virus Corona COVID-19.

Semuanya dipicu dengan wacana perlu tidaknya dilakukan lockdown terkait wabah Corona. Keputusan Perdana Menteri Albin Kurti memecat menteri dalam negeri AgimVeliu memicu keributan di parlemen.

Sang Perdana Menteri memecat menteri dalam negeri karena tak setuju dengan opsi lockdown. Namun keputusan itu harus dibayar mahal setelah partai tempat bernaung AgimVeliu, Liga Demokratik Kosovo (LDK) mengajukan mosi tidak percaya


Hasilnya, dalam voting yang dilakukan di parlemen, Perdana Menteri Albin Kurti menelan kekalahan. Dengan kekalahan ini, partai penyokong Albin Kurti, Vetevendosje (VV) harus menunjuk penggantinya dalam waktu 15 hari. Dalam voting yang digelar Rabu 26 Maret 2020, sang perdana menteri hanya mendapat dukungan 32 suara dari total 120 anggota parlemen. Sebanyak 82 anggota parlemen memilih menjungkalkan Albin Kurti. 

Sebagai catatan, Kosovo merupakan negara yang terbilang masih baru. Awalnya sebuah provinsi di Serbia. Namun pada 17 Februari 2008, Kosovo mendeklarasikan sebagai negara sendiri dan mendapat dukungan negara-negara barat di PBB.



Berita Terkait :