Wartariau.com - Relawan yang menerima vaksin Moderna Covid-19 memiliki hasil awal yang positif...

Para Ahli Terkejut
Percobaan Awal dari Vaksin Moderna Begitu Sangat Memuaskan

Selasa, 19 Mei 2020 - 15:21:39 WIB


Wartariau.com - Relawan yang menerima vaksin Moderna Covid-19 memiliki hasil awal yang positif, menurut perusahaan biotek, yang bermitra dengan National Institutes of Health untuk mengembangkan vaksin.


Jika studi di masa depan berjalan dengan baik, vaksin perusahaan dapat tersedia untuk umum pada awal Januari, kata Dr. Tal Zaks, kepala petugas medis Moderna, kepada CNN.


Data awal ini berasal dari uji klinis Fase 1, yang melibatkan sejumlah kecil orang dan hasilnya vaksin itu aman, bahkan memunculkan respons kekebalan.


Hasil penelitian yang dipimpin oleh National Institutes of Health, belum ditinjau atau dipublikasikan oleh jurnal medis.


Moderna, yang berbasis di Cambridge, Massachusetts, adalah satu dari delapan pengembang di seluruh dunia yang sudah melakukan uji klinis manusia dengan vaksin melawan virus corona baru, menurut Organisasi Kesehatan Dunia. Dua lainnya, Pfizer dan Inovio, juga di Amerika Serikat, satu di Universitas Oxford di Inggris, dan empat di Cina.


Moderna telah memvaksinasi lusinan peserta penelitian dan mengukur antibodi pada delapan dari mereka.


"Kami telah menunjukkan bahwa antibodi ini, respons kekebalan ini, sebenarnya dapat memblokir virus," kata Zaks.


"Ini menunjukkan bahwa antibodi tidak hanya berikatan dengan virus, tetapi juga mencegah virus menginfeksi sel," kata Dr. Paul Offit, anggota panel NIH yang menetapkan kerangka kerja untuk studi vaksin di AS.



Berita Terkait :