Wartariau.com Jumlah korban jatuhnya pesawat Pakistan International Airlines dengan kode penerbangan PK 8303 terus bertambah...">

Kotak Hitam Ditemukan, Jumlah Korban Jiwa Kecelakaan Pesawat Pakistan Bertambah
Kotak Hitam Ditemukan, Jumlah Korban Jiwa Kecelakaan Pesawat Pakistan Bertambah

Minggu, 24 Mei 2020 - 07:46:32 WIB


Wartariau.com Jumlah korban jatuhnya pesawat Pakistan International Airlines dengan kode penerbangan PK 8303 terus bertambah.


Pesawat Airbus A320 yang terbang dari Lahore ke Karachi dengan membawa 99 orang penumpang dan 8 orang awak tersebut jatuh di pemukiman warga pada Jumat sore (22/5) ketika berusaha untuk melakukan upaya pendaratan kedua kalinya.


Kantor Menteri Kesehatan Provinsi pada Sabtu (23/5) menyatakan, jumlah korban meninggal dunia naik menjadi 97, sementara 2 lainnya selamat dan tidak ada korban jiwa dari penduduk.


Personel militer dan administrasi sipil yang membersihkan puing-puing pesawat juga ikut membantu warga yang rumahnya rusak.


"Operasi penyelamatan sedang berlangsung, 25 rumah yang terkena dampak dibersihkan, penduduk ditampung di berbagai tempat dengan bantuan Administrasi Sipil," ungkap pihak Angkatan Darat.


Sementara itu, jurubicara PIA, Abdullah Khan mengungkapkan, pihaknya sudah menemukan kotak hitam, yang berisi data penerbangan dan rekaman suara kokpit.


"Kotak hitam telah ditemukan kemarin malam, kami menyerahkannya ke dewan penyelidikan," ujar Khan seperti dilansir Reuters


Kepala eksekutif PIA, Arshad Malik mengatakan, pesan terakhir yang diterima pihaknya dari pilot menunjukkan ada masalah teknis.


Seorang pejabat senior penerbangan sipil mengatakan tampaknya pesawat tersebut tidak dapat menurunkan roda pendaratannya untuk percobaan pertama.


Dari rekaman yang diunggah di situs pemantauan penerbangan, liveatc.net, beberapa detik sebelum kecelakaan, pilot mengatakan kepada pengendali lalu lintas udara bahwa ia kehilangan daya dari kedua mesin.


Atas insiden ini, Perdana Menteri Pakistan, Imran Khan mengumumkan untuk dibentuk tim penyelidik berisi empat orang. Termasuk tiga anggota Dewan Kecelakaan dan Investigasi Pesawat dan satu Dewan Keamanan Angkatan Udara Pakistan.


Ada pun insiden yang terjadi pada Jumat tersebut merupakan yang terburuk bagi Pakistan sejak 2012, setelah Boeing 737 milik Bhoja Air jatuh di Islamabad dan menewaskan 127 orang. 



Berita Terkait :